Featured Posts

Software EngineeringTugas RPL 1 Kebutuhan Fungsional. Keamanan pengguna dan pengiriman barang terpercaya. Mudah dalam mengetahui stock barang. Mudah dalam penghitungan laba rugi...

Readmore

Artificial IntelegenceTugas PKB 1 Refresentasikan Pengetahuan dari pernyataan – pernyataan berikut menggunakan logika preposisi dan Predikat. 1.Karjo adalah seorang laki-laki, 2.Karjo adalah orang jawa...

Readmore

Cash-Out Refinance For many, their homes are just not dwellings that protect them against rain, sun, and wind. But they are piggy banks, which can be used to raise some urgent money, even if...

Readmore

Mobile Computing Pada Windows Mobile

gorbyrashid Filed Under: Labels: , ,
Pendahuluan

Smartphone adalah sebuah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, seringkali dengan fungsi seperti PC (konvergensi PC-mobile handset). Ada industri definisi standar smartphone, bagi beberapa orang, smartphone adalah ponsel yang menjalankan perangkat lunak sistem operasi lengkap memberikan antarmuka standar dan platform untuk pengembang aplikasi.

Bagi kebanyakan orang, smartphone hanya telepon dengan fitur-fitur canggih dipertimbangkan pada saat rilis – misalnya, di awal tahun 2000 ini adalah fitur seperti e-mail dan internet, tapi sekarang ini merupakan hal yang umum non-smartphone. definisi lain mungkin termasuk fitur-fitur seperti kemampuan e-book reader, Wi-Fi, dan / atau built-in keyboard lengkap atau eksternal USB keyboard dan konektor VGA. Dengan kata lain, ini adalah miniatur komputer yang memiliki kemampuan telepon dan seseorang dapat menggunakannya disaat bergerak, sebagai lawan dari komputer portabel, yang hanya praktis untuk digunakan ketika ditempatkan dalam konfigurasi stasioner.

Pertumbuhan permintaan untuk perangkat mobile canggih prosesor meningkat kuat, memori melimpah, layar yang lebih besar dan sistem operasi terbuka telah melampaui sisa pasar ponsel untuk beberapa tahun.

Konsep
Mobile computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). Sekumpulan peralatan(hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindahlokasi. Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda.
Dari definisi diatas kita dapat memahami mengapa kita membutuhkan mobile computing. Kata kuncinya adalah kita manusia dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan kita. Bergerak disini dilihat dari dua sisi yaitu orang dan device.
Istilah umum yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk menggunakan teknologi saat bergerak, sebagai lawan dari komputer portabel, yang hanya praktis untuk digunakan ketika ditempatkan dalam konfigurasi stasioner. Konsep ini juga dapat digambarkan aplikasi pada piranti berukuran kecil, portable, dan wireless serta mendukung komunikasi.
Mobile computing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya bisa memanfaatkan kemampuan komputer secara optimal, meski dalam posisi berpindah-pindah. Banyak kalangan menilai bahwa mobile computing akan menggeser keberadaan desktop atau PC yang selama ini kita kenal. Berbicara mengenai mobilitas, hal yang menjadi kritis adalah tenaga. Komponen-komponen kini memiliki performa yang terus meningkat baik dari segi kecepatan maupun kualitas, mengakibatkan kebutuhan akan tenaga listrik meningkat.
Perkembangan teknologi pocket pc dan smartphone yang mendukung mobile computing dipertegas dengan realisasi dari konektifitas nirkabel/wireless. Perpaduan kedua hal tersebut memberikan perubahan mendasar akan cara kita berkomputasi, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan menghilangkan batasan geografis. Berbagai perusahaan pun berlomba-lomba menciptakan berbagai produk yang memanjakan pengguna menghadirkan dukungan pada pekerjaan dan hiburan.


Pembahasan Aplikasi
Windows Mobile Operating System adalah salah keluarga sistem operasi berrbasis mobile device yang sangat powerfull untuk mengimplementasikan Aplikasi LOB (Line of Business), terutama karena dukungan Software Development yang juga sangat powerfull dari Microsoft maupun vendor lain.

Microsoft sejak sebelum era [dot]net sudah menyediakan embedded VB serta Embedded Visual C untuk melakukan pengembangan aplikasi berbasis mobile devices dengan platform Operating System Windows CE Family saat itu. Release Visual Studio .Net disertai dengan Windows Pocket PC menunjukkan konsistensi microsoft di dunia mobile computing hingga saat ini.

Kehadiran Visual Studio .Net adalah sebuah era baru Mobile Application Development dari Microsot, dimana microsoft menyediakan .Net Compact Framework dan SQL Compact Edition. Perkembangan di sisi Hardware dan Sistem Operasi juga terus di imbangi dengan perkembangan Software Development Kit pendukungnnya.

Salah satu bukti dari kelebihan ini adalah dukungan dari berbagai vendor hardware terkemuka dalam memproduksi berbagai mobile device untuk keperluan bisnis yang menggunakan Windows Mobile OS family sebagai sistem operasinya. Sebut saja Motorolla (Symbol), Dell, dan lain sebagainya. Device-device yang oleh microsoft di kategorikan sebagai Vertical Device ini memiliki integrated modul seperti Barcode Reader, RFID Reader, Smartcard Reader, Finger Print Reader, GPS dan lain sebagainya yang memang secara khusus dibuat untuk keperluan implemenatasi LOB Application. Selain itu juga tersedia berbagai add onn device yang dapat di integrasikan dengan mudah seperti product-product dari socket atau baracoda.

Selain memproduksi device-device tersebut diatas para produsen juga melengkapi devices nya dengan Software Development Kit yang dapat memudahkan konsumennya untuk membuat custtom applications yang memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam device-device tersebut.
Pengembangan software pada device-device tersebut pada umumnya bersifat device spesific, dalam artian jika kita mengembangkan aplikasi pada sebuah device, besar kemungkinan aplikasi kita tidak akan dapat bekerja pada device lainnya, tanpa melakukan modifikasi. Selain itu kemungkinan penggunaan emulator untuk pengembangan aplikasi pada device-device tersebut juga sangat terbatas, saya rasa hal ini dikarenakan sulitnya meng-emulasi fitur-fitur khusus seperti RFID Reader dan lainnya. Sehingga pada dasarnya cara terbaik untuk mengembangkan aplikasi pada device-device tersebut adalah dengan secara langsung menggunakan device-device tersebut sebagai debugging host nya.

Sumber

http://www.ekolay.net
http://www.goft.web.id
http://inf.uajy.ac.id/~sigit/category/mobile-computing/
http://www.microsoft.com
http://ndy2andy.blogdetik.com/2010/03/24/mobile-computing-komputer-bergerak/

edit post

0 Responses to "Mobile Computing Pada Windows Mobile"

Post a Comment